Fotosintesis : Pengertian, Faktor, Proses, Reaksi, Dan Manfaat Fotosintesis Pada Tumbuhan

Pengertian, Faktor, Proses, Reaksi, Manfaat Fotosintesis - Semua makhluk hidup memerlukan makanan untuk bisa bertahan hidup. Makanan bisa diperoleh dengan membuat sendiri atau diperoleh dari makhluk hidup lain. Organisme yang dapat membuat makanan sendiri disebut organisme autotrof. Sedangkan organisme yang memperoleh makanan dari organisme lain disebut organisme heterotof

Salah satu makhluk hidup atau organisme yang termasuk autotrof adalah tumbuhan. Tumbuhan bisa membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Namun tidak semua tumbuhan bisa membuat makanan sendiri, hanya tumbuhan yang memiliki klorofil saja. Klorofil adalah zat pigmen hijau yang dimiliki oleh tumbuhan terletak di kloroplas serta berfungsi  menyerap cahaya matahari dalam proses fotosintesis

A. Pengertian Fotosintesis


Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan hijau untuk membuat makanan sendiri. Fotosintesis terdiri dari dua kata yaitu foto dan sintesis. Foto berarti cahaya dan sintesis berarti membuat, memproduksi atau membentuk. Apabila diartikan secara sederhana fotosintesis adalah proses membuat makanan dengan cahaya matahari.

Pengertian secara umum, fotosintesis adalah serangkaian proses reaksi kimia pembuatan sumber energi makanan berupa glukosa dari bahan dasar karbondioksida dan air pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari. Sedangkan jika menurut KBBI, fotosintesis adalah pemanfaatan energi cahaya matahari (cahaya matahari buatan) oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat

Fotosintesis juga merupakan proses metabolisme yaitu anabolisme. Anabolisme adalah pembentukan makromolekul dari zat mikro molekul. 

B. Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan


Fotosintesis
Proses Fotosintesis


Sebenarnya proses fotosintesis tidak hanya terjadi pada tumbuhan saja , namun juga terjadi pada alga dan beberapa bakteri dalam memperoleh makanan. Akan tetapi yang paling familiar yaitu fotosintesis pada tumbuhan

Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan hijau yang memiliki klorofil. Reaksi fotosintesis hanya bisa terjadi jika terdapat komponen  fotosintesis antara lain klorofil dan cahaya matahari. Sedangkan bahan yang digunakan dalam reaksi fotosintesis yaitu karbondioksida dan air. Karbondioksida diambil dari udara yang masuk lewat stomata pada daun tumbuhan. Dan air di peroleh dari tanah yang diserap oleh akar tumbuhan dan dibawa ke atas bagian daun oleh pembuluh xylem.

Setelah semua komponen dan bahan fotosintesis tersedia maka pada saat cahaya matahari bersinar dan jatuh pada permukaan daun tumbuhan akan di serap energinya oleh klorofil. Energi cahaya yang diserap akan dibawa melalui lapisan epidermis daun yang transparan lalu di teruskan menuju mesofil. Pada bagian mesofil inilah akan terjadi sebagian besar proses fotosintesis. 

Dengan bantuan energi cahaya tersebut akan digunakan untuk mengubah bahan fotosintesis yang telah tersedia yaitu karbondioksida dan air akan menjadi karbohidrat (glukosa) dan oksigen. Hasil fotosintesis berupa makanan (karbohidrat) dan oksigen

Karbohidrat yang dihasilkan akan disimpan dalam tumbuhan untuk persediaan cadangan makanan. Sedangkan oksigen yang dihasilkan akan di lepaskan atau dikeluarkan dari tumbuhan melalui stomata. Oksigen tersebut akan berada di udara akan di hirup dan digunakan untuk bernapas oleh makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan

C. Faktor Yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis


Dalam proses fotosintesis terdapat 4 faktor yang penting dan akan berpengaruh terhadap keberlangsungan proses fotosintesis. Empat faktor tersebut antara lain klorofil, cahaya matahari, karbondioksida dan air. Semua faktor tersebut harus ada agar proses fotosintesis dapat berjalan. Berikut ini penjelasan pengertian dan pengaruh empat faktor tersebut dalam fotosintesis :


1. Klorofil


Klorofil adalah zat atau pigmen hijau yang pada tumbuhan yang terletak pada bagian daun khususnya kloroplas. Fungsi klorofil ini memberi warna hijau pada tumbuhan dan sekaligus untuk menyerap energi cahaya matahari saat proses fotosintesis.

Klorofil merupakan faktor terpenting yang harus dimiliki agar tumbuhan bisa berfotosintesis. Tumbuhan yang memiliki klorofil termasuk organisme autotrof yang bisa membuat makanan sendiri dengan proses fotosintesis . Sedangkan tumbuhan yang tidak punya klorofil termasuk organisme heterotof yang tidak bisa membuat makanan sendiri hanya memperoleh makanan dari makhluk hidup lain.

2. Cahaya Matahari


Cahaya matahari merupakan salah satu faktor penting dalam fotosintesis. Fotosintes akan berjalan jika ada cahaya matahari. Apabila tidak ada cahaya matahari maka fotosintesis tidak akan terjadi. Oleh karena itu fotosintesis pada tumbuhan terjadi saat siang hari.

Bukan hanya sekedar ada cahaya matahari saja, namun banyak atau tidak nya cahaya matahari akan mempengaruhi proses fotosintesis. Semakin banyak intensitas cahaya matahari yang masuk maka semakin cepat pula proses fotosintesis yang terjadi.  

Sebenarnya dengan sedikit cahaya matahari pun masih bisa terjadi fotosintesis namun berjalannya proses fotosintesis akan lama. Sebagai contoh saat sore hari bisa terjadi fotosintesis

3. Air (H2O)


Tumbuhan bisa melakukan fotosintesis jika ada bahan fotosintesis nya. Salah satu bahan yang digunakan untuk fotosintesis adalah air .  Air inilah yang akan diolah menjadi hasil fotosintesis. 

Apabila tidak ada air maka akan menghambat proses fotosintesis dan bahkan tidak akan terbentuk hasil fotosintesis. Tumbuhan yang kekurangan air saat kekeringan akan mengakibatkan stomata tertutup. Hal ini tentu membuat tumbuhan tidak bisa menangkap bahan fotosintesis lainnya yaitu karbondioksida di udara. Oleh karena itu, adanya air sangat diperlukan demi keberlangsungan fotosintesis

4. Karbondioksida (CO2)


Disamping air, bahan fotosintesis lainnya yang tidak kalah penting adalah karbondioksida. Karbondioksida menjadi komponen penting dalam proses fotosintesis. Tumbuhan dapat memperoleh karbondioksida dari udara bebas melalui stomata. Selain itu, juga bisa dari hasil respirasi makhluk hidup lain.

Adapun banyaknya karbohidrat yang dapat di tangkap oleh stomata akan mempengaruhi hasil fotosintesis. Semakin banyak karbondioksida yang digunakan untuk fotosintesis maka hasil karbohidrat yang di hasilkan akan banyak.

D. Reaksi Kimia Fotosintesis


Dalam proses fotosintesis melibatkan reaksi kimia yang terjadi pada bahan fotosintesis. Reaksi kimia inilah yang akan mengubah bahan fotosintesis yaitu karbondioksida dan air menjadi karbohidrat (gula) dan oksigen. Adapun persamaan reaksi kimia fotosintesis yang terjadi sebagai berikut :

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 + 6O2

Keterangan :

  • H2O = air
  • CO2 = karbondioksida
  • C6H12O6 = gula/glukosa
  • O2 = oksigen
Dari persamaan reaksi fotosintesis tersebut, apabila ditinjau dari reaksi redoks yang terjadi maka bisa diketahui beberapa hal :

1. Yang mengalami oksidasi : H2O
2. Yang mengalami reduksi : CO2
3. Zat Oksidator : CO2
4. Zat Reduktor : H2O
5. Hasil Oksidasi : O2
6. Hasil Reduksi : C6H12O6

E. Fungsi Atau Manfaat Fotosintesis Pada Tumbuhan


Proses fotosintesis dapat mempunyai fungsi atau manfaat baik bagi tumbuhan itu sendiri atau bagi lingkungan sekitarnya. Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat fotosintesis :

1. Menghasilkan sumber makanan karbohidrat berupa glukosa bagi tumbuhan 

2. Menghasilkan oksigen yang digunakan bernapas bagi makhluk hidup lain

3. Mengurangi pencemaran udara karena jumlah karbondioksida semakin berkurang untuk bahan fotosintesis

4. Mencegah banjir karena berkurangnya air diserap oleh akar tumbuhan untuk fotosintesis

5. Menjaga ekosistem 

6. Menghambat terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan global (global warming)

Demikianlah artikel yang bisa saya bagikan mengenai pengertian, faktor pengaruh, proses , reaksi dan manfaat fotosintesis. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih












Belum ada Komentar untuk "Fotosintesis : Pengertian, Faktor, Proses, Reaksi, Dan Manfaat Fotosintesis Pada Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel