Cara Mudah Scan Dokumen Dengan HP Android



Cara Scan Dokumen - Scan dokumen adalah suatu cara menyalin suatu dokumen dari bentuk hardfile menjadi softfile berbentuk pdf untuk mempermudah penyimpanan arsip dokumen. Terkadang kita membutuhkan hasil scan dokumen untuk berbagai keperluan. Hasil scan dokumen soft file tersebut biasanya akan menjadi suatu syarat dari keperluan tersebut seperti mendaftar sekolah, kuliah, kerja , dan lain sebagainya.

Adapun beberapa dokumen yang biasa kita scan adalah foto, ijazah, skhun, kartu keluarga,KTP, SIM , dan lain lainnya. Untuk melakukan scan terhadap dokumen tersebut biasanya kita akan pergi ke tempat foto copyan ,warnet, dan sejenisnya karena kita tidak memiliki alat scanner untuk menscan dokumen tersebut.

Alat Untuk Scan Dokumen

Scanner adalah suatu alat untuk melakukan scan dokumen. Alat alat scanner itu jarang sekali di miliki secara pribadi atau perorangan (rumahan) , biasanya yang mempunyai alat scanner seperti perusahaan, fotocyan, warnet, tempat percetakan, dan lain sebagainya. Walaupun jarang dimiliki , alat scanner ini juga seringkali diperlukan untuk berbagai keperluan. 

Sebagai contoh ketikat kita akan mendaftar sekolah atau melamar pekerjaan di kantoran secara online biasanta salah satu syaratnya harus mengirimkan salinan ijazah, KTP, KK dalam bentuk soft file untuk dikirimkan lewat form pendaftaran online tersebut. Pada kondisi tersebutlah  kita membutuhkan scanner untuk keperluan scan dokumen kelengkapan. Tentunya kita akan segera pergi ke tempat terdekat yang mempunyai scanner seperti tempat fotocopy an , warnet, dan sebgainya.

Namun , hal itu pasti akan memakan banyak waktu dan biaya. Apalagi jika tempat fotocopy atau warnet tersebut jauh sedangkan hasil scan dokumen nya dibutuhkan secepatnya. Pasti kita akan telat mengirimkan hasil scan dokumennya. 

Scan Dokumen Dengan HP Android


Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya tidak perlu repot repot pergi ke tempat yang ada scanner nya, kita bisa memanfaatkan hp smartphone android kita untuk menscan dokumen tersebut.

Dengan bermodalkan hp android dan aplikasi "CamScanner" kita sudah bisa scan dokumen melalui hp android. Cara nya pun tergolong mudah hanya dengan memfoto dokumennya lalu mengubahnya dalam bentuk soft file berformat pdf.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara melakukan scan dokumen dengan hp android. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan dibawah ini :

Cara Melakukan Scan Dokumen Dengan HP Android 


1. Pertama, silakan anda download dan install terlebih dahulu aplikasi CamScanner. Lalu bukalah aplikasi CamScanner tersebut di hp android anda

2. Tekan tombol icon "Kamera" di bagian bawah lalu arahkan kamera ke dokumen yang akan discan untuk memfoto dokumen tersebut

3. Posisikan kamera sesuai dengan batasan tepi dokumen agar semua isi dokumen terscan.



Anda juga bisa menggunakan flash mode supaya lebih maksimal hasilnya. Setelah semua dirasa siap, silakan klik icon "Kamera" di bagian bawah untuk mengambil foto dokumen

4. Lalu, anda akan dihadapkan pada hasil foto dokumen anda. 

Pada hasil foto dokumen tersebut, anda bisa mengatur batasan area dokumen yang terkena scan dengan menggeser bulatan yang dilalui garis biru. Apabila sudah, anda bisa melanjutkan ke proses scan dengan mengeklik tanda "Centang" di pojok kanan bawah

5. Akan tampil hasil scan dokumen anda dihalaman depan aplikasi CamScanner

Sampai tahap ini anda sudah berhasil scan dokumen dengan hp android tapi masih tersimpan dalam aplikasi CamScanner. Anda bisa menyimpannya ke galeri hp android anda dengan format Jpg atau Pdf sesuai yang dibutuhkan.

Cara Menyimpan Hasil Scan Dokumen Dalam Format PDF Atau JPG


1. Pertama, masuklah ke aplikasi CamScanner di hp android anda

2. Pilihlah hasil scan dokumen anda tadi lalu klik tombol "Share" yang ada di bagian halaman depan aplikasi CamScanner

3. Akan muncul dua pilihan,silakan anda bisa pilih "Share PDF File" atau "Share JPG File" lalu klik "Save to Gallery"



4. Selamat hasil scan anda telah tersimpan di memori internal hp android anda

Demikianlah artikel yang bisa saya bagilkan artikel tentang Cara Scan Dokumen Dengan HP Android. Apabila ada yang masih bingung silakan tanyakan dikolom komentar yaa. Ssmoga bisa bermanfaat bagi anda semua

Terima kasih
Salam Blogger

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Scan Dokumen Dengan HP Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel