Pengertian,Tulisan, Arti Dan Makna Bacaan Syahadat

Pengertian, Tulisan, Arti Dan Makna Bacaan Syahadat - Syahadat merupakan rukun islam yang pertama. Di tempatkan diposisi yang paling pertama dalam rukun islam, tidak lain tidak bukan karena sangat penting dan wajibnya kalimat syahadat di ucapkan oleh umat muslim.
Syahadat
Syahadat


Syahadat menjadi pintu gerbang awal keislaman seseorang dan menjadi penentu diterima atau tidaknya suatu amalan ibadah kita. Kita boleh tuh melakukan sebanyak apapun ibadah tapi belum mengucapkan syahadat maka amalan ibadah kita akan sia sia alias tidak dapat pahala. Hal itu dikarenakan kondisi kita saat melakukan ibadah belum masuk islam tapi sudah melakukan ibadah syariat islam.


A. Pengertian Syahadat


Dalam KBBI dan secara bahasa, syahadat diartikan sebagai pengakuan dan kesaksian atas iman-islam dalam rukun islam yang pertama. Sedangkan secara terminologi , syahadat adalah kalimat pengakuan dalam diri dengan segenap kesadaran, keyakinan dan jiwa raga atas bahwa Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah (Rasul-Nya).

Kata "Syahadat" sendiri berasal dari dua kata bahasa Arab yaitu masdar dan syahida yang berarti memberikan pengakuan. Secara harfiah, syahadat bisa diartikan memberikan pengakuan, persaksian dan ikrar yang suci dengan segenap keyakinan diri. Pengakuan dan persaksian tersebut tentang Tuhan dan utusannya yaitu Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW

Dari beberapa arti syahadat diatas, maka bisa di ambil intinya. Secara umum, syahadat adalah kalimat pengakuan, persaksian, dan ikrar yang diucapkan sepenuh hati dan yakin dengan segenap jiwa dan raga menyatakan bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan dan rasul Allah


B. Macam Macam Syahadat


Kalimat syahadat terdiri dari dua kalimat syahadat yaitu syahadat Tauhid (Uluhiyah) dan syahadat Risalah. Syahadat Tauhid adalah kalimat syahadat yang menyatakan Tuhan hanya satu yaitu Allah SWT. Bunyi kalimat syahadat tauhid yaitu Asyhadu an-laa ilaaha illallaah (ا شهد أن لا إله إلا الله) yang artinya “Saya bersaksi tiada Tuhan Selain Allah”.  

Sedangkan syahadat risalah merupakan kalimat syahadat yang menyatakan Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul (utusan) Allah. Bunyi syahadat risalah yaitu  Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah (و اشهد أن محمد ر سو ل الله) yang artinya: “dan saya bersaksi bahwanya Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

Kedua kalimat syahadat tersebut tidak dapat dipisahkan saling melengkapi. Dan tidak boleh seorang muslim hanya mengakui syahadat tauhid (uluhiyah) atau risalah saja. Namun harus diucapkan dan di akui kedua kalimat syahadat demi keislaman yang sempurna.


C. Tulisan (Lafadz) Syahadatain Dan Artinya


أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

Asyhadu an La Ilaha Illa Allah wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah

Artinya :
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad saw adalah rasul utusan Allah


D. Makna Syahadatain


Dalam kalimat syahadat bisa dimaknai per potongan kata sebagai berikut :

1. Asyhadu

Asyhadu berarti saya bersaksi. Hal inj menunjukan pernyataan, janji, sumpah, dan ilah. Ketika telah mengucapkan asyhadu harus bisa menerima konsekuensi yaitu pernyataan hanya menyembah Allah dan ikuti ajaran rasul Nya

Dan juga kita harus bisa menepati janji yaitu menjalankan segala syariat islam yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangannya. Selain itu , kita harus menjaga sumpah syahadat kita dimana kita tidak akan mengingkari atau berkhianat dengan sumpah syahadat seperti menyekutuka Allah dan syirik. Terakhir, kita harus senantiasa taat dan patuh terhadap segala perintah Allah dan rasul Nya (Ilah)


2. An-laa ilaaha illallaah


An-laa ilaaha illallaah berarti Tidak ada tuhan selain Allah SWT. Hal itu bermakna bahwa tidak ada yang patut di sembah selain Allah. Semua makhluk hidup dan benda mati di dunia ini seperti batu, gunung, laut, pepohonan dan lain lain adalah ciptaannya jadi tidak berhak untuk disembah. Kita hanya boleh patuh dan berharap pada Allah saja. Kepatuhan kita bisa diwujudkan dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan Nya

3. Anna Muhammadar Rasulullah


Anna Muhammadar Rasulullah berarti Nabi Muhammad SAW adalah utusan rasul Allah. Hal ini bermakna bahwa nabi muhammad adalah kekasih Allah yang mana menjadi tangan kanan Allah untuk menyampaikan ajaran islam. Oleh karena itu, kita harus mengikuti ajaran sunnah Nabi Muhammad SAW dan menjauhi hal yang tidak di contohkannya (bid'ah)

E. Syarat Diterimanya Syahadat


Ada beberapa syarat yang perlu anda lakukan agar syahadat yang diucapkan diterima antara lain :


1. Ilmu (Mengetahui)


Ketika mengucapkan syahadat , kita harus tahu lafadz dan arti serta makna dari syahadat yang kita ucapkan. Bukan hanya di ucapkan di bibir saja , tapi hati juga harus mengingat ingat artinya dan maknanya. Jangan sampai tidak tahu arti dan makna nya. 

Hal itu karena , apabila kita hanya mengucapkan syahadat secara lisan saja tanpa memahami arti dan makna nya di dalam hati maka syahadat nya akan tidak sah dan tidak berarti. Selain itu juga keislamannya hanya di bibir saja tidak sampai ke hati.

2. Yakin


Dalam mengucapkan syahadat, harus disertai keyakinan hati yang tinggi atas kandungan syahadat tersebut. Apabila ada keraguan di hati maka syahadat nya sia sia dan termasuk golongan orang munafik serta tidak akan masuk surga.


3. Menerima (Qabul)


Pada saat mengucapkan syahadat, segenap jiwa dan raga harus bisa menerima isi pengakuan syahadat tersebut. Itulah salah satu konsekuensi mengucapkan syahadat. Apabila ada seorang yang menerima dan menaati konseksuensi nya maka tidak berguna syahadatnya. Sebagai contoh, ada seorang yang sudah mengucapkan syahadat tapo masih menyembah selain Allah seperti kuburan, laut, gunung, batuan berarti orang tersebut belum bisa menerima konsekuensi syahadat. Jadi belum bisa sempurna islamnya


4. Mentaati Dan Mematuhi Makna Syahadat (Inqiyaad)


Telah disinggung diatas, sebagai bentuk konsekuensi kita telah mengucapkan syahadat maka kita harus bisa mentaati dan mematuhi kandungan makna syahadat tersebut. Hal itu bisa diwujudkan dengan menjalankan segala syariat (ibadah) perintah Allah dan rasul Nya serta menjauhi larangan Nya


5. Jujur (Shidiq)


Pada waktu kita mengucapkan syahadat di lisan maka hati kita harus ikut membenarkan kandungan isi syahadat. Bukan malah mendustakan bahkan mengingkarinya. Apabila hati kita berdusta atau berlawanan dengan lisan maka termasuk golongan orang munafik dan pendusta

6. Ikhlas


Sebelum mengucapkan berikrar syahadat pastikan dulu tidak ada keterpaksaan dalam melakukannya. Artinya memang dari kesadaran dan kemauan diri sendiri. Apabila belum ikhlas dalam mengucapkan syahadat, maka syahadat nya akan sia sia dan tidak berguna

7. Kecintaan (Mahabbah)


Setelah mengucapkan syahadat, maka berusahalah mencintai kalimat syahadat. Hal ini dibuktikan dengan menambah frekuensi pengucapan syahadat di segala aktivitas seperti sedang bersholawat, berdzikir, shalat, dan sebagainya. Selain itu juga, pastikan mencintai Allah dan rasul Nya.


F. Konsekuensi Syahadat


Apabila kita telah mengucapkan syahadat maka kita terikat kontrak dan dalam kontrak tersebut pasti ada konsekuensi nya. Adapun konsekuensi dari syahadat yang kita ucapkan adalah harus meyakini dan mengamalkan segala perintah Alah dan rasul Nya. Paling tidak harus mengamalkan rukun islam bahkan kalau bisa ibadah lainnya.

Selain itu juga kita harus mengikuti perkataan, perilaku, dan ajaran nabi Muhammad SAW. Hal itu di wujudkan dengan menjalankan sunnah rasul dan menjauhi hal hal yang tidak di contohkan nya (bid'ah)


G. Hal Yang Membatalkan Syahadat


Terdapat beberapa hal yang bisa membatalkan syahadat seseorang antara lain :

1. Berdusta
2. Sombong pada Allah SWT
3. Dzalim
4. Membatalkan janji dengan Allah
5. Bebuat kerusakan (fasad)
6. Banyak berbuat maksiat
7. Bersandar pada panca indera
8 . Ragu Ragu

Demikian artikel yang bisa saya bagikan mengenai penjelasan syahadat. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih
























Belum ada Komentar untuk "Pengertian,Tulisan, Arti Dan Makna Bacaan Syahadat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel