Pengertian, Isi , Tujuan , Dan Nilai Dalam Konstitusi


A. Pengertian Konstitusi

Konstitusi
Konstitusi


Pengertian, Isi, Tujuan, Nilai Konstitusi - Indonesia adalah negara hukum , dimana semua hukum yang berlaku di susun berdasarkan atau mengacu pada konstitusi. Konstitusi adalah sebuah naskah yang berisi sekumpulan sistem ketatanegaraan berserta segala peraturan perundangan undangan didalamnya.

Perundang undangan tersebut yang memberikan patokan pembuatan semua peraturan yang berlaku dalam negara. Semua peraturan yang dibuat harus sejalan dan  tidak boleh berlawanan konstitusi.  Contoh konstitusi tertulis sendiri adalah Undang Undang Dasar (UUD)

B. Isi Konstitusi


Menurut Mariam Budiardjo, konstitusi mengandung isi yang menyangkup terkait tentang organisasi negara, hak asasi manusia, tahapan penyelesaian masalah pelanggaran hukum, dan tata cara amandemen atau perubahan konstitusi berserta hal yang dilarang dalam mengubah konstitusi

C. Tujuan Konstitusi


Adapun tujuan dibentuknya konstitusi adalah sebagai berikut :

1.  Mengatur beroperasi atau berjalannya lembaga pemerintahan , organisasi daerah dan negara

2. Membatasi, memantai, dan mengontrol segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah agar tidak sewenang wenang dalam mengambil kebijakan dan mengutamakan kepentingan rakyat dan negara

3.  Mengklasifikasi dan menggolongkan kekuasaan dalam lembaga negara

4. Menentukan jalinan kerjasama antar lembaga negara

5. Menentukan hubungan yang saling berkaitan antara satu lembaga negara dengan lainnya

6. Membuat pembagian jenis hukum yang berlaku dalam negara

Apabila dilihat dari praktik pelaksanaan ketentuan dan kebijakan negara terkadang tidak berjalan mulus seperti yang direncanakan. Hal itu dikarenakan kebijakan dan sebagian pasal konstitusi yang berlaku hanya mementingkan kepentingan pribadi atau golongan saja. Walaupun seperti itu, sebagian ketentuan, kebijakan dan sebagaian pasal lain dalam konstitusi tersebut masih dijalankan.

D. Nilai - Nilai Dalam Konstitusi


Berkenaan dengan hal tersebut, Karl Loewenstein membagi nilai nilai yang terkandung dalam konstitusi menjadi 3 nilai konstitusi antara lain :


1. Nilai Normatif 


Suatu nilai konstitusi dimana konstitusi sudah diterima oleh negara secara resmi dan konstitusi tersebut dilaksanakan sehingga menjadi kenyataan yang sesungguhnya sangat dibutuhkan dan efektif. Pelaksanaan konstitusi ini dilakukan secara murni dan penuh konsekuensi

Contoh :

Dalam konstitusi Amerika Serikat terbagi menjadi 3 kekuasaan negara yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang mana setiap kekuasaan negara menjalankan tugas dan perannya masing masing secara terpisah dan tidak di campur adukan

2. Nilai Nominal


Suatu nilai konstitusi dimana konstitusi akan berlaku secara hukum, namun tidak semua pasal dalam konstitusi itu bisa berlaku semuanya (tidak sempurna). Hal itu disebabkan karena pasal pasal tertentu dalam konstitusi tidak bisa dijalankan atau berlaku dalam praktiknya (kenyataannya). 

Contoh :

1. Pada amandemen XIV, konstitusi Amerika Serikat dalam hal kewarganegaraan dan perwakilan , tidak diberlakukan semuanya untuk seluruh negara bagian  Amerika Serikat seperti di negara bagian Massisipi dan Albama konstitusi ini tidak berlaku.

2. Bunyi pasal 125 dalam konstitusi  Uni Soviet yang menjamin adanya kebebasan atau kemerdekaan pers dan berbicara bisa dilaksanakan tapi masih tergantung pada kemauan penguasa negara. Hal itulah yang membuat konstitusi ini memiliki nilai nominal


3. Nilai Semantik


Suatu nilai konstitusi dimana konstitusi berlaku secara hukum, tapi berlakunya hanya sekedar guna menempatkan bentuk dan tempat yang telah ada serta untuk kepentikan politik saja. Bisa dikatakan konstitusi hanyalah suatu istilah saja, sedangkan dalam praktik pelaksanaannya dilaksanakan untuk kepentingan penguasa dalam politik.

Contoh :

Berlakunya UUD 1945 dalam orde lama dan baru

Demikian artikel yang bisa saya bagikan mengenai Pengertian, Isi, Tujuan, Nilai Konstitusi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Terima kasih




















Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Isi , Tujuan , Dan Nilai Dalam Konstitusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel