Arti Syafakallah, Syafakillah Dan Sejenisnya Berserta Doa Untuk Orang Sakit

Arti Ungkapan Syafakallah, Syafakillah, Syafahullah, dan Syafahallah - Selama anda menjalani kehidupan dekat dengan keluarga , saudara , teman mungkin anda pernah mendapatkan ucapan syafakallah atau syafakillah dari saudara anda ? Dan istilah beda lainnya seperti syafahullah atau syafahallah ? Lantas pertanyaan yang muncul adalah

"Apa arti dari istilah itu semua" ? 

Terkadang ketika kita mendapatkan ucapan istilah seperti itu kita bingung sendiri mau jawab seperti apa. Hal ini dikarenakan kita sendiri tidak tahu apa arti istilah tersebut. 

Hal itu juga yang pernah saya alami. Saya pernah sakit diare dan mendapatkan ucapan syafakallah dari temen saya lewat whattsapp. Dan pada waktu itu juga , saya bingung mau njawab apa. Ya gimana mau njawab, arti istilah itu aja tidak tahu. Karena belum tahu, akhirnya saya searching istilah tersebut di mbah google. Setelah itu, akupun tahu arti istilah tersebut dan langsung balas chat temen saya.

A.Arti Ungkapan Syafakallah, Syafakillah, Syafahullah, Dan Syafahallah

Ungkapan doa bahasa arab


Nah, pada kesempatan kali ini , saya akan membagikan apa arti istilah tersebut kepada anda semua. Istilah syafakallah, syafakillah dan sejenisnya sebenarnya berasal dari bahasa arab yang sudah umum diucapkan tetapi masih saja ada yang belum tahu artinya. Arti dari istilah tersebut sebenarnya sama hanya pengucapannya saja yang sedikit berbeda. Sama sama artinya doa baik atau mendoakan orang yang sedang sakit

Adapun arti dari istilah syafakallah, syafakillah, syafahullah, dan syafahallah adalah semoga Allah menyembuhkan kamu.  Penggunaan kata "Ka" dan "Ki" berturut turut ditujukan untuk diucapkan pada seorang laki laki dan perempuan secara langsung di depan orangnya. Begitu juga, penggunaan kata "Hu" dan "Ha" berturut turut juga di tujukan untuk diucapkan pada seorang laki laki dan perempuan namun tidak langsung pada orang nya atau didepan orang lain. 

Jadi berikut ini arti dari istilah :

  • Syafakallah = Semoga Allah menyembuhkan kamu (laki laki). Diucapkan langsung pada orangnya
  • Syafakillah = Semoga Allah menyembuhkan kamu (perempuan). Diucapkan langsung pada orangnya
  • Syafahullah = Semoga Allah menyembuhkan kamu (laki laki). Diucapkan tidak langsung pada orangnya
  • Syafahallah = Semoga Allah menyembuhkan kamu (perempuan). Diucapkan tidak langsung pada orangnya


Setelah kita tahu arti istilah syafakallah, syafakillah dan sejenisnya maka pertanyaan selanjutnya adalah 

Bagaimana menjawab ucapan syafakallah , syafakillah dan sejenisnya ? 

Secara umum , jawaban untuk ucapan syafakallah, syafakillah dan sejenisnya adalah dengan mengucapkan "Jazakallahu Khairan” yang berarti semoga Allah membalas kebaikanmu.


B. Penulisan Arab Istilah Syafakallah dan sejenisnya.


Dalam bahasa arab, penulisan istilah syafakallah, syafakillah, syafahullah, dan syafahallah harus tetap diperhatikan dan dipastikan benar. Walaupun istilah tersebut sudah umum diucapkan tapi ketika di sampaikan melalui pesan bertuliskan arab kadang masih terdapat kesalahan tulisan. Apabila tulisan arabnya salah sedikit saja maka akan mempengaruhi dari arti istilah itu sendiri.

Istilah syafakallah dan sejenisnya tersusun dari beberapa huruf hijaiyah yang di rangkai atau bersambung dan di beri harakat. Terkadang yang cukup sering terjadi salah penulisan yaitu pada kesalahan pada penulisan huruf fa. Seharusnya huruf fa yang benar yaitu di rangkai dengan alif sehingga dibaca panjang dua ketukan


C. Istilah Atau Ungkapan Bahasa Arab Sehari Hari 


Selain, ucapan syafakallah, syafakillah, dan sejenisnya yang biasa di ucapkan sehari hari , terdapat juga beberapa ucapan atau ungkapan lainnya antara lain akhi, ukhti, ikhwan,akhwat , afwan (maaf), syukron (terima kasih) dan lain sebagainya. Semua istilah ungkapan tersebut memang tidak wajib kita ucapkan tapi disunahkan untuk di biasakan dalam kehidupan sehari hari.


D. Doa Untuk Orang Sakit


Kita selaku umat islam harus menunjukan rasa peduli kita pada saudara muslim kita. Karena pada dasarnya , kita adalah manusia sosial. Dimana kita selalu membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup baik dalam keadaan suka maupun duka

Dalam keadaan duka, ketika teman kita lagi ada yang sakit , kita juga harus peduli dengan cara menjenguk dan mendoakannya. Hal ini diperintahkan dalam Al Quran dan hadist nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah Hadits riwayat Muslim sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).”

Ketika menjenguk orang sakit, jangan lupa kita juga perlu mendoakannya. Berikut ini contoh doa untuk orang sakit :

Contoh 1 :

للَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَما.
Allahumma rabbannaas adzhibil ba’tsa, rabbinnaasi isyfi wa antassyafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaman.

Artinya :

 “Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari pada-Mu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi”.

Contoh 2 :

 إِذَا دَخَلَ عَلَى مَنْ يَعُوْدُ قَالَ: لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ.

Artinya :
Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah [HR. Al-Bukhari] 

E. Fadillah (Keutaman) Menjenguk Dan Mendoakan Orang Sakit


Banyak sekali manfaat dan keutamaan kita menjenguk dan mendoakan saudara kita yang sedang sakit baik yang langsung dirasakan didunia maupun di akhirat. Untuk manfaat keutamaan yang dirasakan di dunia yaitu mempererat hubungan persaudaraan dan mengingatkan akan kematian (mendorong kita bertaubat). Jadi ketika suatu saat kita sedang susah bisa jadi orang yang kita jenguk akan membantu kita melebihi apa yang kita berikan saat dia sakit. Sedangkan balasan atau keutamaan yang di dapat di akhirat adalah mendapatkan pahala , di sediakan kebun di syurga nanti, dan di doakan oleh malaikat.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan mengenai arti dari ungkapan syafakallah, syafakillah, syahullah, dan syafahallah. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih














1 Komentar untuk "Arti Syafakallah, Syafakillah Dan Sejenisnya Berserta Doa Untuk Orang Sakit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel